Welcome To My Blog

Minggu, 01 Mei 2011

Soal dan pembahasan dari tugas mandiri no . 1 mata kuliah filsafat ilmu

SOAL TUGAS MANDIRI NO. 1
COBA TERAPKAN PRINSIP ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM KERANGKA BERPIKIR RENCANA TESIS SAUDARA !
PEMBAHASAN :
PENERAPAN PRINSIP ONTOLOGI, EPISTEMOLOGI, DAN AKSIOLOGI DALAM KERANGKA BERPIKIR RENCANA TESIS.

KERANGKA BERPIKIR

JUDUL :
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA KONSEP HIDROKARBON DI KELAS X-A DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DAN MODEL PEMBELAJARAN SEM (STRUCTURE EXERCISE METHODE) DI SMAN 1 BONTANG- KALIMANTAN TIMUR TAHUN AJARAN 2011/2012

I. LATAR BELAKANG
Dari hasil studi dokumen nilai tahun ajaran 2010/2011, didapat hasil belajar siswa kelas X-A SMAN 1 Bontang masih relative rendah yang ditunjukkan dengan sedikitnya jumlah siswa yang berhasil menuntaskan belajar (mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal/KKM) . Selain itu keterlibatan siswa selama pembelajaranpun masih terbilang rendah. Metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama ini adalah dengan ceramah dan cara ini ternyata kurang effektif untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Oleh karena itu, tantangan bagi guru untuk dapat menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan dan mampu meningkatkan keaktifan siswa selama proses pembelajaran sehingga diharapkan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan uraian di atas maka peneliti memilih judul “ upaya meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada konsep hidrokarbon di kelas xa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad (student team achievement division) dan model pebelajaran structure exercise methode (sem) di SMAN 1 Bontang- Kalimantan Timur tahun ajaran 2011/2012”

1.1 Identifikasi masalah
Berdasarkan pelaksanaan observasi awa , maka akan diambil identifikasi masalah yang meliputu : kondisi siswa, kondisi guru dan kondisi pembelajaran.

1.2. PERUMUSAN MASALAH :

a. Apakah pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran SEM layak untuk diterapkan pada konsep hidrokarbon di kelas X- A SMAN I Bontang ?

b. Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran SEM dapat meningkatkan keaktifan siswa pada konsep Hidrokarbon di kelas X- A SMAN I Bontang ?

c. Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran SEM dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa pada konsep hidrokarbon di kelas X- A SMAN I Bontang ?

1.3. TUJUAN PENELITIAN

Tujuan Umum :
Mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan. model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran SEM dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa dan meningkatkan keaktifan siswa pada konsep hidrokarbon di kelas X- A SMAN I Bontang .
Tujuan Khusus :
1. Mengetahui prosentase ketuntasan belajar secara klasikal dan nilai rata-rata minimal
2. Mengetahui prosentase keaktifan siswa secara klasikal


1.4. MANFAAT PELITIAN :
1. 1
Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat :
1. Bagi Guru
Dapat dijadikan sebagai metode pengajaran alternative, sehingga keterlibatan siswa selama proses pembelajaran dapat meningkat dan siswa menjadi termotivasi dalam belajar.
2. Bagi Siswa
Meningkatkan peran aktif siswa selama proses pembelajara dan meningkatkan kemampuan siswa dalam mengemukakan pendapat saat diskusi berlangsung serta melatih iswa untuk bekerjasama, sehingga siswa menjadi senang selama pembelajaran.
3. Bagi Sekolah
Memberikan wacana baru bagi sekolah untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih tepat.


II. KAJIAN PUSTAKA :
2.1. Teori belajar
2.2. Prinsip-prisip belajar
2.3. Hasil belajar
2.4. Belajar tuntas
2.5. Pembelajara kooperatif tipe STAD
2.6. Pembelajaran SEM
2.7. Penelitian Tindakan kelas
2.8. Hidrokarbon

III. METODELOGI PENELITIAN :

3.1. Pendekatan Penelitian :
Penilitian tindakan kelas

3.2. Lokasi Penelitian
SMAN 1 Bontang Jl. DI.Panjaitan No.59 Gg.Piano11 Bontang-Kalimantan Timur

3.3. Subyek Penelitian
Subjek penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Bontang kelas X-A.

3.4. Prosedur Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus memiliki 4 tahap, yaitu :
(1). Perencanaan tindakan (planning);
(2). Pelaksanaan Tindakan (action);
(3). Observasi (observation); dan
(4). Refleksi (reflection).
3.5. Instrumen Penelitian
Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
a. Lembar Pengamatan untuk Siswa dan Guru
Lembar pengamatan ini digunakan untuk mengamati siswa dalam proses pembelajaran hingga evaluasi. Aspek-aspek yang dinilai adalah aktivitas keterlibatan siswa hingga evaluasi.
b. Tes Tanggapan Siswa Terhadap Model Pembelajaran
c. Tes Akhir Siklus berbentuk objektif tes, lembar observasi , angket dan dokumentasi.

G. ANALISIS DATA :

Analisis data dilakukan meliputi dengan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Kegiatan klasifikasi data, penyajian data, dan penilaian keberhasilan tindakan. Data yang diperoleh :
1) Nilai rata-rata siswa secara klsaikal siklus 1 dan siklus 2
2) Nilai ppeningkatan aktifitas belajar siswa siklus 1 dan siklus 2
3) Kesimpulan












2. PENERAPAN PRINSIP ONTOLOGY, EPISTEMOLOGY, DAN AKSIOLOGI PADA KERANGKA BERPIKIR TESIS

A. ONTOLOGY

Ontology membahas tentang wujud hakiki obyek ilmu dan keilmuan (setiap bidang ilmu dalam jurusan dan program studi) oleh karena Objek ilmu atau keilmuan itu adalah dunia empirik, dunia yang dapat dijangkau pancaindera. Jadi objek ilmu adalah pengalaman inderawi.
Dalam kerangka berpikir ini prinsip ontology terdapat pada :
JUDUL, RUMUSAN MASALAH, DAN KAJIAN PUSTAKA.

B. EPISTEMOLOGY

Epistemology membahas tentang tata-cara, teknik, atau prosedur mendapatkan ilmu dan keilmuan itu. Caranya adalah dengan metode non-ilmiah, ilmiah (scientific methods): metode ilmiah (deduktif-induktif) dan metode problem solving. Tujuan utamanya adalah untuk menemukan teori-teori, prinsip-prinsip, generalisasi dan hukum-hukum. Temuan itu dapat dipakai sebagai basis, thought-frame, atau framework untuk menerangkan, mendeskripsikan, mengontrol, mengantisipasi atau meramalkan sesuatu kejadian secara tepat.

Dalam kerangka berpikir rencana tesis ini prinsip epistemology terdapat dalam METODELOGI PENELITIAN DAN ANALISIS DATA karena dalam metodelogi penelitian dan analisis data menjelaskan tentang metode-metode atau teknik-teknik yang digunakan dalam penelitian tersebut sekaligus menjawab komponen dalam epistemology yaitu cara/teknik/sarana apa yang membantu mendapatkan..

C. AKSIOLOGI

Aksiologi menyoroti masalah nilai dan kegunaan ilmu Pengetahuan itu. Secara moral, nilai dan kegunaan Ilmu itu berguna untuk peningkatan kualitas kesejahteraan dan kemaslahatan umat manusia. Pada dasarnya prinsip aksiologi menjawab pertanyaan Untuk apa ilmu itu digunakan? Dalam kerangka berpikir ini aksiologi terdapat pada TUJUAN PENELITIAN, MANFAAT PENELITIAN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar